Header Ads

test

‘GERAK Buruh’ Makassar Gelar Aksi Prakondisi Menjelang May Day

Makassar – Kurang lebih ratusan massa aksi yang tergabung dalam aliansi Gerakan Rakyat Untuk Buruh (GERAK Buruh) menggelar aksi prakondisi menjelang peringatan 1 Mei – Hari Buruh Sedunia (Mayday) di Kota Makassar, Rabu (25/04/2018).

Menurut Kusnadi selaku koordinator aksi dari organisasi FPBN, bahwa aksi ini adalah tahap prakondisi menuju May Day.
“Kami melakukan aksi prakondisi menjelang May Day untuk mengukur sejauh mana kekuatan massa buruh yang telah terorganisir, nantinya akan turun pada saat May Day di kota Makassar”, Tutur Kusnadi saat ditemui di lokasi aksi (25/04).
Aksi demonstrasi tersebut dilakukan di tiga titik. Yang pertama di Fly Over (Jembatan Layang), Kemudian bergeser ke PT. Daihatsu Kharisma Sentosa, dan terakhir di Disnaker Provinsi Sulawesi Selatan.
Di depan kantor cabang PT. Daihatsu Kharisma Sentosa, massa aksi menuntut agar buruh yang menjadi korban PHK sepihak di pekerjakan kembali.
“Kami mengecam terhadap pihak PT. Daihatsu Kharisma Sentosa karena telah melakukan PHK sepihak terhadap pekerjanya dan menuntut agar di pekerjakan kembali serta memberikan jaminan sosial berupa BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan” kata salah satu massa aksi saat menyampaikan orasinya, (25/04).
Sedangkan di kantor Disnaker Provinsi Sulawesi selatan, Masing-masing perwakilan organ memasuki ruangan kartor untuk diskusi bersama dengan pihak Disnaker Provinsi Sulawesi Selatan membahas terkait penekanan terhadap keseriusan pihak Disnaker dalam penanganan dan penyelesaian kasus-kasus perburuhan di tingkat perusahaan dan menindak tegas oknum-oknum pengawas yang terkesan lalai.
 Adapun tuntutan massa aksi dalam pernyataan sikap; 1. Stop pemberangusan serikat Buruh, PT. Daihatsu kharisma sentosa; 2. Segera rancang PERDA tentang Tindak Pidana bagi perusahaan yang tidak menjalankan struktur skala upah/upah sundulan; 3. Hentikan keterlibatan TNI/POLRI dan MILISI SIPIL dalam sektor Ketenagakerjaan; 4. Menuntut pertanggungjawaban Toyota atas kerjaan dan timpangnya PKWT di PT. Nanbu Plastik Indonesia; dan 5. Tolak PHK Sepihak dan pekerjakan kembali 8000 Pekerja Freeport Indonesia dan 1095 AMT.
Beberapa organ yang tergabung dalam aliansi GERAK Buruh diantanya: GSBN-SGBN, FPBN-KSN, FBTPI-KPBI, PEMBEBASAN, SRIKANDI, FMK MAKASSAR, FMD-SGMK, KOMUNAL, FOSIS, PMII RAYON FAI UMI, PERSATUAN MOGOK KERJA PT. FREEPORT INDONESIA, LBH MAKASSAR, PEMBARU MAKASSAR, FORWA MAKASSAR, dan SMI. (Zaruk)

No comments